Pages

Senin, 05 Oktober 2015

Everything Happen Because some Reasons



Everything Happen Because some Reasons
Gatel ajah rasanya kalo belum share cerita ini. Ini bagian dari cerita gue waktu PKL SMK dulu. Waktu itu pengen banget PKL di tempat bekas kembaran gue. “Bekas ?” “Kok Bekas sih ?” kan gue sama kembaran gue beda setaun sekolahnya it mean gue adek kelas dia. Untuk cerita ini nanti kita sambung dilain kesempatan.
Balik lagi kecerita PKL dulu waktu SMK. Alesan gue pengen magang di tempat bekas kembaran gue karena pasti dapet gaji udah itu ajah simple ! tapi kenyataannya malah temen gue yang kebagian magang disitu ahh… damn ! “kenapa nggak gue ajah sih yang disana.” batin gue ngerengek. Waktu itu gue magang di kantor pemerintahan gitu kantornya sih engga kaya kantor di Jakarta yang tingkat-tingkat pake lift kantornya ajah cuma ada dua tingkat design kantornya kaya rumah gedongan gitu. Gue di tempatin di sebuah divisi dimana ruangan gue terisolasi sama orang-orang. Nih ya gue coba jelasin ruangan itu deh, ketika loe masuk ruangan dibagian depan loe akan ngeliat dua meja *kaya resepsionis gitu tapi gak ada komputer* cuma diisi
sama satu pegawai dan ada ruangan di pojok kiri buat ketua divisi terus dibelakang gue tembok yang ngebatasin gue sama pegawai lain. Gue sih seneng-seneng ajah ketika gue ditempatin di “ruang tamu” itu toh nantinya yang gue hadepin kan cuma satu orang dan selebihnya cuma lewat-lewat doang jadi gue gak perlu sosialisasi sama pegawai yang ada di balik tembok itu yang keliatannya errr...
Kerjaan gue disana gak terlalu banyak paling ngearsip, ngurusin surat masuk sama surat keluar, sama ngelola data, photo copy itu ajah gak terlalu sibuk kan paling sibuk pas ada rapat doang. Sehari dua hari gue gak nyaman sama lingkungan disana bawaannya tegang terus gak tau kenapa. Maklum gue kan baru, hati nurani gue masih pengen magang di tempat magang kembaran gue.
Waktu itu pagi-pagi gue ngejalanin rutinitas gue ke mushola untuk sholat dhuha. Bukannya gue mau pamer, ria dan sebagainnya alhmadulilah sejak SMP guru agama gue udah ngajarin sholat dhuha walaupun SMP gue bukan sekolah berbasis Islami tetapi apa yang diajarin gak bisa gue lupain gitu ajah. jadi gue terapin di kehidupan gue sehari-hari.  Pagi itu gue minta izin keatasan gue buat sholat dhuha sebentar setelah apel. Ditengah-tengah lorong mushola gue ngeliat Ibu-Ibu yang udah abis wudlu juga, sebagai anak baru yang imut, baik hati dan tidak sombong juga sholehah dunia akhirat gue ngasih senyuman dong sama Ibu yang gue temuin dilorong. Gue kasih tuh Ibu-ibu senyuman entah gigi gue yang terlalu silau atau bibir gue yang terlalu lebar buat senyum sehingga si Ibu tadi enggan ngebales senyuman gue. Fix gue gak betah PKL disitu ! mau pindah yah gak bisa ! yah kali gue kudu ninggalin jejak *bandel* supaya gue dipindahin magang nanti yang ada sekolah gue malah tercemar oleh limbah macam gue ini. Akhirnya gue coba sabar-sabar ajah ngadepin orang-orang yang aneh macam begituan. Seminggu setelah magang kebetulan tahun baru biasanya kan pegawai dapet bonus *oing…oing…oing* gue berharap gue dapet bonus yah walaupun baru magang cuma seminggu tapi berharap gue dapet hahaha parah ya gue ! dan bener ajah gue dapet kurang lebih 20 ribu dari Bu Rini dan 10 ribu dari Pak Lutfi. Jaman gue sekolah dulu uang segitu yah lumayan gede bisa kebeli batagor beserta bata rumah err…. Kalo gak salah tahun barunya hari Jum’at. Sebagian orang udah ninggali ruangan mungkin karena tahun baru mereka dapet konpensasi waktu pulang kali ya soalnya takut macet. Karena gue anak magang, gue dan temen gue coba patuh sama peraturan tetep pulang jam 4 teng !. waktu itu diruangan cuma ada gue sama Bu Rini. Gue berada di ruangan gue dan Bu Rini berada dibelakang ruangan gue. Waktu itu gue lagi suka banget sama yang JUSTIN BIEBER otomatis gue suka juga sama bahasa Inggris soalnya kalo SI JB lagi ngetweet mau gak mau gue kudu buka kamus biar ngerti apa yang di tweetin dia. Ya gak mungkin juga bisa ditranslet via primbon. Gue coba buka buku bahasa Inggris yang udah nyokap gue beliin beda banget sama curriculum sekolah. Isi bukunya full bahasa Inggris. Terus loe ngerti ? Rontok rambut gue ! gue gak ngerti apa maksudnya dalam buku itu.  Hasilnya gue coba-coba ajah translet pake kamus tanpa perduli sama yang namanya Grammer soalnya gue gak kenal sih sama dia. Gue buka-buka kamus ajah biar keliatan orang pinter padahal mah, kalo loe tau kapasitas B.inggris gue jaman dulu pasti loe akan bilang “nih orang begonya kok keterlaluan sih !” Oke fine !
“Eh lagi belajar apa rajin banget…” Tanya Bu Rini dengan suaranya yang ngagetin gue kira orang misterius eerrr… masalahnya ruangan udah hening.
“Belajar Bahasa Inggris Bu.” Jawab gue tersipu malu.
“Oh suka bahasa Inggris juga ?”
“Ia Bu.” jawab gue sumringah
“Mau engga kamu ikut saya les?”
Mata gue berbinar seperti chibi maruko chan “Iyesss I do Bu!!!!” sebenernya sih pengen jawab kaya gitu sambil megang-megang tangannya, tapi gue cuma bisa jawab seadanya “Beneran Bu ? makasih ya.“
“Ia nanti hari senin pulang kerja kita les bareng.”
FYI ajah vroh gue sempet mikir kalo Bu Rini itu orangnya sombong soalnya dia jarang ngomong. Tapi ternyata dia baik banget mungkin gue gak seruangan sama dia kali ya kan ketutup tembok.Gue sama Bu Rini suka dibilang anak sama emak kalo mau berangkat les. Gue juga salut sama dia diumur dia yang gak muda lagi dia masih mau les Bahasa Inggris dari situ gue mulai deket sama Bu Rini gue sering dianterin pulang walaupun gak sampe rumah. Tapi lumayan buat irit ongkos.
Di les in ? wow banget menurut gue. Gimana engga pas awal-awal gue ngefans sama Justin Bieber gue ngerengek-rengek minta di les in di lembaga Bahasa Inggris. Tapi, apa mau dikata nyokap gue bukan single parent yang hartanya mentereng dia cuma orang biasa yang berprofesi tukang sablon. Hasilnya gue cuma minta dibeliin buku bahasa Inggris doang yang tadi gue gak ngerti. You Know Allah has good reason kenapa gue ditempatin di situ. Engga cuma itu ajah guais cerita gue setelah gue ikut les sama Bu Rini, jarak pandang gue sama papan tulis rada gak bersahabat mata gue minus Bu Rinipun menyadari keminusan gue.
“mata kamu minus ya ?”
“Ia bu,” Jawab gue
“Kenapa enggak pake kaca mata ajah.”
“Enggg kalo pake kaca matakan minusnya nambah bu.” Jawab gue ngeles
Padahal gue gak punya uang buat beli kaca mata. Jujur ajah selama gue belajar gue selalu liat catetan temen gue. Gue gak terlalu fokus sama guru yang nerangin di papan tulis apalagi pas pelajaran matematika guru matematika-Pak Seno boleh dibilang dia adalah guru cowok yang perawakannya paling subur, tambun dan kalo dia nulis unyu banget tulisannya Bro mana keliatan gue, hasilnya gue selalu minta temen gue ngulang apa yang diterangi Pak Seno.
“Ibu kenapa sih masih mau les Bahasa Inggris ?” tanya gue memincingkan mata disela-sela perjalanan ke tempat les yang gak jauh dari tempat magang gue.
Bu Rini menyimpulkan senyum “Pengen ajah nyari ilmu kan gak ada batasan umurnya karena dalam hidup itu selalu belajar, belajar kan gak harus dibangku kuliah atau sekolah ajah kita bisa belajar dari mana ajah Ni, lagian menurut penelitan orang yang belajar bahasa asing itu awet muda lho.” Tukasnya.
Dang gue merasa ketampar kemana ajah gue, masih mudah males belajar !
Dua bulan sudah gue magang di kantor pemerintahan banyak pengalaman yang gue ambil dari sana. Ternyata orang-orang disana itu menyenangkan jauh dari pikiran gue yang negative mereka juga baik-baik banget sama gue. Apalagi Bu Rini ! sehari sebelum gue out gue disuru ke meja Bu Rini.
“Ini ada uang titipan dari Bu Teti.” Ucap Bu Rini ngasih uang ke gue.
Gue cengo. Bu Teti ? kok bisa dia ngasih uang ke gue ? gue kan gak kerja di divisi dia, kok dia ngasih uang sih emang gue udah berbuat apa sama dia ? pikiran gue udah kemana-mana ajah. FYI ajah gais tau kan Ibu-ibu yang gue temuin di lorong yang gue senyumin dia malah cuek nah itu, coba scroll lagi ke atas itu Bu Teti, ngobrol ajah engga pernah, kenal ajah cuma tau doang *beda loh kenal sama tau: kalo kenal udah tau luar dalem err… (hatinya) maksudnya suka ngobrol, nah kalo tau cuma sebatas pisik doang*, ketemu ajah cuma di mushola doang pas sholat dhuha!
“Kok ngasih uang ke saya Bu, kan saya gak kerja sama dia.”
“Udah terima ajah itu rezeki buat kamu.”
Gue malah nambah cengo, masalahnya uang yang dikasih gak tanggung-tanggung lumayan lah buat ukuran anak sekolah apalagi dikasih sama orang yang gak kenal sama kita. “Tap-tapi Bu…”
“Buat beli kacamata Ni. ”
 See !  rezeki engga kenal kita, dia akan mendarat kepada siapa yang Allah kehendaki.  Rezeki itu emang misteri dia datang dari mana ajah sekalipun dari orang yang gak dikenal. Dan ketika gue mau bilang terima kasih sama Bu Teti dia lagi gak ada ditempat dia lagi dinas. Padahal gue pengen banget ketemu sama dia untuk bilang terima kasih.
Seminggu setelah gue selesai magang gue dapet sms dari Bu Rini disuruh ke kantor.
Apaan lagi ini kan gue udah beres magangnya masa disuru ke kantor lagi sih jangan-jangan kerjaan gue berantakan, Batin gue. Ternyata gue ke kantor buat nemuin Bu Teti ada titipan dari Bu Rini buat gue soalnya giliran Bu Rini yang dinas keluar. Yeah finally I met Bu Teti it’s time to say “thank a lot” to her. Seneng banget walaupun cuma ketemu sebentar karena beliau banyak tugas and guess what I’ve got from Bu Teti I got money from Bu Rini. Wow apaan lagi ini. Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan surat Ar-rahman. See juga Allah selalu punya alesan atas semua kejadian. Gak apa-apa gue gak magang di tempat kembaran gue bisa gue bisa klaim gue lebih bahagia magang di tempat gue, pertama orang-orangnya baik-baik, ke dua kerjanya gak terlalu capek, ke tiga gue di lesin B. Inggris sama Bu Rini, ke Empat gue dapet uang dari Bu Teti dan Bu Rini. Kadang kita gak peka sama alesan dari sebuah kejadian banyak hikmah dari semua kejadian kitanya ajah yang gak peka. Dan gue yakin juga rezeki itu datengnya karena sholat dhuha bukan gue mau pamer atau ria tapi tapi itulah faktanya sholat dhuha adalah sholat untuk membuka rezeki itu bener. Gue bersyukur ketemu sama orang kaya Bu Rini yang masih semangat belajar dan Bu Teti yang orang ya baik walaupun gak pernah ngobrol. Terimakasih Bu atas kebaikan kalian semoga Allah memberi berkah dikehidupan kalian amieeeen…….!
Percaya deh Allah akan memberikan rezeki yang gak disangka-sangka, banyak-banyak bersyukur   ajah :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar