Pages

Jumat, 02 Oktober 2015

Dear anak perempuan yang belum jadi anak orang lain.



Dear anak perempuan yang belum jadi anak orang lain.
Guaissss…. Pernah gak sih kalian jengkel, sebel, keheul sama ibu kalian cuma karena hal sepele misalnya:
Kalian bangun siang, ketika kalian bangun ibu kalian udah ngerjain semua kerjaan rumah dengan muka cemberut, pas kita nanya jawabnya ketus bahkan pertanyaan kita gak dijawab. Kita ngerasa diri kita bener, kita bangun siang kan gak yang ngebangunin. Kitapun ikutan ngedumel sendiri “Siapa suru gak ngebangunin, kalo kerja ngedumel mulu ntar juga dikerjain sih!. ” padahal alarm udah bunyi dari satu jam yang lalu. Dia gak mau ngebangunin kita biar kita peka.

Atau ketika kita udah makan, terus kita disuru cuci piring yang habis kita pake terus kita jawab. “Ih ntar dulu ah bawel banget si, ntar juga dikerjain. Maharabaratanya lagi seru nih.” Kita ngerasa kaya upik abu,  baru juga makan masa lansung disuruh nyuci piring lagi.
Dan di ketika kita meresa udah ngerjain banyak hal dengan maximal tanpa merasa dosa ibu kita nyeletuk kalo apa yang kita kerjain begini dan begitulah dan rasanya kuping kita pengen di sumpel sama kapas 1 kilogram. Apalagi di tambahin dengan dibanding-bandingin  sama tetangga sebelah yang yang rumputnya lebih hijau dibandingin kita. Bikin  kita err… *berubah jadi manusia harimau atau jadi GGS (gadis-gadis sensitive)*.
Jujur, gue juga ngerasain kaya gitu sampe gak tau lagi harus kaya gimana supaya dibilang bagus, cantik, pinter dan bla…bla..bla… ini malah sebaliknya ngerasa gak dihargain, jelas ! mau ngelawan takut durhaka. Mau ngobrol dari hati ke hati takut disangka TUA. Seketika itu ibu yang biasa disebut malakaikat menjelma menjadi polisi tukang tilang dibenak kita . Kita ngerasa pengen kabur dari rumah ajah, biar bebas se bebas bebasnya.
Wait…wait…wait… kabur ? bebas ? itu bukan solusi gaisss! Ada kalanya kita ngerasa jengkel, marah, sebel sama ibu kita tapi thinking again deh. One day if you don’t live together with her anymore you will feel lost this moment. Ketika kita harus jauh sama dia karena tuntutan alam seperti nikah, ngekost dan tugas di luar. Kita gak bisa ngapa-ngapain, gak ada yang marahin kita, gak ada yang bikin kita sensitive terkadang dalam hidup perlu juga hal yang “negative” biar berasa seimbang dan nyadar kalo kita manusia (Menurut sudut pandang gue). Apalagi kalo tinggal sama mertua yang Oh My God kalian tau sendirilah kalo udah tinggal sama mertua yang notabenenya “orang asing” buat kita, mungkin kita gak bisa lagi ngedumel, ngejawab omongan yang seharusnya gak perlu jawaban tapi seharusnya dijawab dengan tindakan, atau jadi GGS (Gadis-Gadis sensitive) lagi. Semua rasa itu kita pendem biar keliatan bagus dimata mertua, kita gak bisa ngebantah ke Ibu kita lagi gaisss. Disaat itu kita ngerasain apa yang Ibu kita lakuin buat kita itu udah bener. Dia cuma mau yang terbaik buat kita tapi kitanya ajah kurang peka sama dia *yaialah cowok mulu sih yang dipekain*. Dia gak mau ketika nanti anak gadisnya jadi “anak orang lain” tinggal sama orang lain(mertua) cuma jadi beban (benalu) doang karena kita gak bisa apa-apa. Yah syukur-syukur dapet suami kolong merat yang kekayaanya gak abis dimakan rayap karena hartanya dikasih anti rayap. Lha ini ? can you imagine what I mean ?. Yah anggap ajah ketika kita marah, kesel dan jengkel sama ibu kita itu adalah soal latihan ketika kita ngadepin mertua yang mungkin tidak selalu baik sama kita gak kaya ibu kita sendiri dan kalian tau karma gak pernah sembuyi suatu hari nanti kalian akan ngerasin jadi ibu-ibu juga. Dan percaya deh dia selalu bangga dengan kita meskipun dia genggsi mengakuinya dan kita pun sama kita selalu sayang sama dia tapi kita gengsi ngucapinya.
I promise I’ll be better Bu. Thank for everything. You taught me a worth lesson about life  yang terkadang sulit kami mengerti.


Dear Ibu
Ibu aku tahu Ibu khawatir karena aku belum mendapatkan pekerjaan  yang layak, belum menemukan belahan jiwa, belum bisa mewujudkan mimpi-mimpi besarku dan belum bisa mejadi anak yang bisa dibanggakan di depan teman-temanmu. Aku paham betul gurat kekhawatiranmu akan diriku apalagi di umurku yang semakin lama semakin berkurang ini, tak jarang ketika kita membahas tentang hidupku ini sering sekali selisih paham yang berujung tidak saling sapa dalam satu rumah.
Ibu bersabarlah sedikit aku sedang berjuang untuk menjadi seperti yang ibu mau, tapi izinkan aku mencari kesuksesanku dengan caraku sendiri bukan menjadi orang lain seperti yang ibu mau. Aku ini bukan anak kecil lagi meskipun kau akan menganggapku selalu anak kecil tapi pahamilah bu, aku punya cara pikirku sendiri. Aku sekarang sudah beranjak dewasa aku harap ibu bisa menggap itu, bukan disaat aku salah saja.
Ibu sungguh akupun lelah jika harus berdebat terus menerus denganmu.
Ibu aku rindu dimasa aku bisa bersandar sepuasnya di bahu tanpa berdebat dan mengkhayalkan semua masa depan yang indah. Aku hanya ingin mengatakan suatu hari nanti aku pasti bisa membuat ibu lain iri pada ibu karena mempunyai anak seperti aku. Sekarang aku hanya butuh dukunganmu bukan kekhawatiranmu. Aku ingin tanganmu menggenggamku saatku terjatuh. Aku ingin hatimu menerima apapun yang aku putuskan untuk hidupku.
Aku butuh engkau untuk menenangkanku disaat aku gelisah tentang masa depanku. Aku juga ingin seperti mereka yang selalu engkau banggakan di depanku hingga nyaris kupingku bengkak. Ibu ketahuilah bahwa seseorang mempunyai jalan masing-masing untuk menemui kesuksessannya. Be patient Bu actualy deep in my heart I always love you.


From your lovely daughter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar